Sebut Korupsi di Indonesia Makin Menjadi-jadi, Mahfud MD Ungkap Hal Ini

Menko Polhukam RI, Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA.co.id

CianjurMahfud MD, Menkopolhukam RI mengklaim bahwa korupsi di Indonesia semakin menggila. Bahkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia sampai anjlok pada 2022 menjadi 38 dari sebelumnya 34.

Taruna Merah Putih Jabar Siap Jadi Gladiator Ganjar-Mahfud di Pemilu 2024

"Di 2022 indeks persepsi korupsi kita terjun dari 38 ke 34. Itu buat kita kaget, korupsinya makin menjadi-jadi berarti," kata Mahfud Md dalam acara 23 Tahun Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (11/6/2023).

Mahfud MD mengungkapkan, dirinya sempat mengundang lembaga internasional untuk mengetahui penyebab hal itu bisa terjadi. Kata Mhafud, ternyata karena banyak terjadi konflik kepentingan dalam jabatan yang berkaitan dengan politik seperti di pemerintahan, DPR hingga Mahkamah Agung.

PDI Perjuangan Rayakan HUT ke-51 dengan Optimisme Kemenangan Ganjar-Mahfud dan Pemilu 2024

"Kesimpulannya itu memang terjadi conflict of interest di dalam jabatan-jabatan politik. Di DPR terjadi transaksi-transaksi di balik meja, MA pengadilan bisa beli perkara, di pemerintah, di birokrasi sama. Itu temuannya,” ungkapnya.

Menko Polhukam RI, Mahfud MD

Photo :
  • VIVA.co.id
Terbaru: Cara Daftar CPNS Mahkamah Agung 2023, Persyaratan dan Formasinya

“Di DPR ada conflict of interest, pekerjaan anggota DPR tapi punya konsultan hukum. Nanti kalau ada masalah tolong dibantu ini, itu, dibawa ke pengadilan, pengadilannya korupsi lagi. Sampai hakimnya ditangkap, jaksa ditangkap," tambahnya.

Diketahui, IPK Indonesia mengalami penurunan drastis dari posisi 38 menjadi 34 pada 2022. Sehingga menempatkan Indonesia pada posisi 110 dari 180 negara yang dinilai IPK-nya.