Alfira Oktaviani, Pegiat Fashion Lokal yang Dikenal Manca Negara dengan Ecoprint

Alfira Oktaviani, Penerima Penghargaan Satu Indonesia Awards 2022
Sumber :
  • Instagram @alfiraoktaviani

CianjurAlfira Oktaviani adalah seorang seorang wanita muda yang memilih fokus di dunia enterpreneur. Padahal dia lulusan sarjana apoteker di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Mau Cuan? Daftar FB Profesional Saja, Ini Langkah-langkahnya

Berbekal ilmu mata kuliah manajemen bisnis, morfologi tumbuhan, hingga teknik kimia yang didapatkan saat kuliah jurusan apoteker, hal itu memberikan dasar yang cukup untuk merintis bisnisnya.

Alfira mendirikan sebuah bisnis lokal bernama Semilir Ecoprint dengan tujuan untuk mengenalkan budaya fashion berkelanjutan yang ramah lingkungan di Indonesia.

Hendro Yulius Suryo Putro, Pegiat Pendidikan Millenial Lewat Eskul Robotika

Ketertarikannya mempelajari seni ecoprint dimulai sejak 2016. Alfira saat itu hanya memiliki tekad dan modal awal hanya Rp 500 ribu.

Semilir Ecoprint yang didirikan Alfira awalnya hanya memproduksi tas wanita. Namun seiring dengan meningkatnya permintaan pasar, dia juga membuat kain ecoprint, pakaian, dan desain rumah bertema ecoprint. 

Nelayan Indramayu Kecewa Soal Kebijakan Pengisian BBM, Ono Surono Minta Ini ke KKP dan BPH Migas

Adapun target pembelinya adalah wanita usia di atas 25 tahun dari kelas ekonomi menengah ke atas yang menyukai barang handmade dan bermerek lokal.

Alfira menjelaskan, keunggulan dari produk Semilir Ecoprint yaitu modelnya menggabungkan warisan budaya Indonesia dalam setiap produk. 

Halaman Selanjutnya
img_title