Timnas Indonesia Hadapi Pilihan Sulit: Fokus Kualifikasi Piala Dunia atau Piala AFF?

Bintang Timnas Indonesia, Thom Haye.
Sumber :
  • Instagram @thomhaye

Cianjur – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berbicara terbuka soal target Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 yang akan berbarengan dengan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Ini adalah dilema besar bagi tim asuhan Shin Tae-yong setelah sukses lolos dari putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Juni ini.

Strategi Nova Arianto Bawa Timnas Indonesia U-16 Raih Kemenangan Telak atas Filipina di ASEAN Cup

Timnas Indonesia berhasil mencapai prestasi gemilang dengan lolos dari putaran kedua kualifikasi meskipun sempat kalah 0-2 dari Irak pada 6 Juni lalu. Kemenangan 2-0 atas Filipina pada 11 Juni memastikan langkah skuad Garuda ke putaran ketiga.

Namun, dengan jadwal padat di depan mata, Timnas Indonesia harus menghadapi pilihan sulit. Matchday kelima dan keenam putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dijadwalkan pada bulan November, bersamaan dengan Piala AFF 2024.

3 Bintang Eropa yang Layak Perkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ketua umum PSSI Erick Thohir.

Photo :
  • AntvKlik

Meskipun kedua kompetisi ini tidak dilaksanakan pada waktu yang sama, jadwal yang berhimpitan dapat memengaruhi performa skuad Garuda.

Dua Pemain Indonesia U-16 Dapat Perhatian Khusus dari Pelatih Filipina Jelang Laga Krusial

Shin Tae-yong mungkin harus membagi timnya untuk berkompetisi di kedua ajang tersebut. Namun, menurut Erick Thohir, Piala AFF bukanlah prioritas utama saat ini.

“Soal AFF tadi saya sudah jelaskan bahwa tidak di semua kompetisi kita menargetkan hasil maksimal,” kata Erick di Jakarta, dikutip dari tvOnenews.com pada Jumat, 21 Juni 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title