Ramai Kasus Inses, Sosiolog Ungkap Faktor Ibu Setubuhi Anak di Bukittinggi

Sosiolog UNP Sumatera Barat, Erianjoni
Sumber :
  • tvOneNews

Cianjur – Belakangan ini ramai di media sosial tentang kasus inses atau hubungan sedarah yang diduga terjadi di Bukittinggi, Sumatera Barat. Hal itu diungkapkan langsung oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar.

Gibran Usul Blacklist Para Provokator Usai Kericuhan di Solo

Menanggapi hal itu, Sosiolog dari Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat Erianjoni menduga, perilaku menyimpang seorang ibu menyetubuhi anak kandungnya sendiri akibat kohesi atau hubungan yang berlebihan.

"Kedekatan hubungan yang berlebihan dan melampaui nilai-nilai sakral antara ibu dan anak bisa menyebabkan praktik menyimpang," kata Erianjoni dikutip dari tvOneNews, Sabtu (24/6/2023).

Terungkap, Ternyata Ini Pemicu Kasus Inses Ibu Setubuhi Anak di Bukittinggi

Karena itu, lanjut Erianjoni, penting bagi orang tua untuk memerhatikan batas-batas hubungan baik dengan anak laki-laki maupun anak perempuan. Sebab, jika tidak bisa kebablasan seperti yang terjadi di Kota Bukittinggi.

Selain kohesi sosial antara orang tua dan anak, Erianjoni menilai praktik perilaku menyimpang juga bisa terjadi akibat disfungsi peran keluarga atau ayah. Artinya, sosok ayah gagal melindungi anak maupun istrinya.

Polisi Selidiki Kasus Anak Setubuhi Ibu Kandung Selama 11 Tahun di Bukittinggi

Sosiolog UNP Sumatera Barat, Erianjoni

Photo :
  • tvOneNews

"Imbasnya hubungan menyimpang ini terjadi karena tidak ada pengawasan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title