Elektabilitas Karna Sobahi Unggul di Pilkada Majalengka 2024 Menurut Survei SMRC

Sosok Karna Sobahi.
Sumber :

Cianjur – Survei terbaru dari SMRC menunjukkan hasil yang menggembirakan bagi Karna Sobahi, mantan Bupati Majalengka. Dalam berbagai simulasi calon, elektabilitas Karna Sobahi mencapai posisi puncak, dengan persentase tertinggi mencapai 80,7 persen.

Ganjar-Mahfud Puncaki Survei IPE, Unggul Jauh dari Paslon Lain

Survei tersebut menunjukkan bahwa dalam simulasi dua nama, Karna Sobahi mencapai elektabilitas tertinggi sebesar 80,7 persen. Ketika nama-nama calon diperbanyak menjadi tiga, Karna Sobahi tetap unggul dengan perolehan 50,6 persen, sementara 2,6 persen responden tidak memberikan jawaban atau tidak tahu.

"Elektabilitas Karna Sobahi dalam simulasi head to head 2 nama dengan calon lain mencapai 80,7 persen," tulis hasil survei SMRC tersebut, dikutip Jumat (29/6/2024).

Redmi Note 13 Pro 5G vs Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Mana yang Lebih Baik?

Karna Sobahi selalu berada di posisi teratas dalam berbagai skenario simulasi calon bupati, baik itu dengan 25 nama, 10 nama, 6 nama, 4 nama, maupun 3 nama, serta dalam simulasi head to head melawan calon bupati Majalengka lainnya.

Survei ini dilakukan pada periode 12 – 16 Juni 2024, dengan populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia di Kabupaten Majalengka yang memiliki hak pilih, yakni mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Xiaomi 14 Ultra: Sang Jawara Baru di Kelas Smartphone Flagship

Jumlah sampel dalam survei ini adalah 410 orang, dipilih dengan metode multistage random sampling secara proporsional. Margin of error survei ini diperkirakan ±5% dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden yang terpilih diwawancarai secara langsung oleh pewawancara yang telah dilatih.

Untuk memastikan keakuratan data, quality control dilakukan secara acak terhadap 20% dari total sampel oleh supervisor dengan mendatangi kembali responden terpilih (spot check). Tidak ditemukan kesalahan berarti dalam proses quality control ini.