Momen HSN 2023, Ono Surono: Santri Harus Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Ono Surono
Sumber :
  • Istimewa

Cianjur –Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat Ono Surono menilai peran santri sangat penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Ternyata Nikita Mirzani Pernah Nyantri di Pesantren: Kemauan Sendiri

Apalagi, diutarakan dirinya, menjelang pemilihan umum kerap terdapat perbedaan pendapat dan pandangan ditengah masyarakat yang dapat memicu ketegangan dan konflik jika tidak dikelola dengan baik.

“Inilah saat di mana peran santri menjadi penting. Santri telah dilatih untuk memiliki pemahaman agama yang mendalam, etika, dan nilai-nilai kejujuran serta kebijaksanaan. Semua nilai ini sangat diperlukan untuk menghindari gesekan dan perpecahan dalam masyarakat,” ujar Ono, dalam keterangan resminya, Minggu (22/10/2023).

Program Food Estate Partisipatif Sumedang, Ono Surono Duga Ada Kepentingan Pemilu 2024

Dia memandang santri mempunyai potensi sebagai pemimpin bangsa di masa depan. Dengan kuatnya pendidikan karakter dan kebangsaan yang diterima para santri, hal tersebut akan menjadi tombak kekuatan dalam menjaga kebersamaan.

“Para santri adalah calon pemimpin Indonesia, yang bisa menjadi pelopor dialog antaragama, menciptakan suasana harmoni di tengah-tengah keragaman di negeri ini yang akan menguatkan persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Ganjar Pranowo Hadiri Kampanye Hajatan Rakyat Bogor, Ribuan Pendukung Bakal Padati Stadion Pakansari

Ono memandang, Hari Santri menjadi momentum bagi para santri untuk terus berkarya dan berperan aktif dalam kemajuan bangsa. Dia pun berharap santri dan pesantren dapat terus menjadi kekuatan besar bagi negara, sumber inspirasi sekaligus salah satu sumber kehidupan bagi bangsa Indonesia. 

“Dulu tanggal 22 Oktober yang kemudian jadi Hari Santri, muncul resolusi jihad dari KH Hasyim Asyari agar umat Islam wajib berjuang mempertahankan kemerdekaan,” terang anggota Komisi IV DPR RI ini.

Halaman Selanjutnya
img_title