Bela Panji Gumilang, Habib Kribo: Jangan Jadi Tuhan, Hargai Perbedaan Beragama

Habib Kribo dan Panji Gumilang.
Sumber :
  • tvOnenews

CianjurPanji Gumilang, pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun, telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama oleh Bareskrim Polri. Ia dituduh menyebarkan ajaran yang menyimpang dari syariat Islam di pondok pesantrennya.

Denny Sumargo Dianggap Permainkan Agama Akibat Sembarangan Ucap Syahadat

Meski demikian, Panji Gumilang masih belum ditahan dan masih harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Kasus ini menimbulkan banyak kontroversi dan kecaman dari berbagai pihak. Namun, ada juga yang membela Panji Gumilang dan menolak adanya pasal penistaan agama.

Salah satunya adalah Habib Kribo atau Zein Assegaf, seorang ulama yang juga pernah dilaporkan karena dituduh menistakan agama. Dalam acara Catatan Demokrasi di tvOne, Habib Kribo menyatakan bahwa masalah ini sudah melebar dan tidak hanya berkaitan dengan perbedaan ritual, tetapi juga dengan usaha-usaha Panji Gumilang yang dituduh tidak berizin.

Panji Gumilang Insaf, Ikhsan Abdullah Apresiasi Bareskrim: Terima Kasih

Habib Kribo dan Panji Gumilang.

Photo :
  • tvOnenews

“Ini mau dibawa kemana nih masalah ini. Kalau kita mau cari kesalahan setiap orang tuh punya salah, nggak usah Al Zaytun. Fokuskan aja,” ungkap Habib Kribo dalam Program Acara Catatan Demokrasi, tvOne, dikutip VIVA Cianjur pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Panji Gumilang Janjikan Ini ke MUI, Ikhsan Abdullah: Dia Taubat...

Habib Kribo juga menekankan bahwa tidak ada manusia yang sempurna dan tidak ada yang bisa mengklaim dirinya paling benar dalam beragama. Ia mengatakan bahwa kesempurnaan hanya milik Tuhan dan kita tidak perlu merasa menjadi Tuhan.

“Kesempurnaan hanya milik Tuhan. Kita tidak bisa mengklaim pendapat saya mutlak untuk semua, apalagi hal ritual. Kapan selesai negeri ini ribut isu agama,” ujarnya. I

Halaman Selanjutnya
img_title