Hutang Pembangunan JIS Capai Ratusan Miliar, PDIP: Harus Dimanfaatkan

Rumput JIS
Sumber :
  • Jurnal Media Indonesia

Cianjur – Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak baru-baru ini menyoroti biaya pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang disebut-subut menggunakan dana PEN.

16 PAC PDIP Bandung Barat Dukung Bacabup Pamriadi

Gilbert menyebut, hutang Pemprov DKI ke pemerintah pusat sebagai PEN hampir mangkrak senilai Rp 1,182 miliar per 24 September 2020 sebagai pinjaman I.

Adapun sebagai pinjaman II senilai Rp 2,460 miliar per 23 September 2021. Sehingga total pinjaman Pemprov DKI ke pemerintah pusat sebesar Rp 3,642 miliar.

Ganjar-Mahfud Puncaki Survei IPE, Unggul Jauh dari Paslon Lain

"Pemerintah pusat memberi kemudahan luar biasa berupa masa pinjaman 8 tahun, masa tenggang 2 tahun dan hanya bayar cicilan pokok (bunga 0 persen) untuk pinjaman I. Lalu bunga 5,66 persen per tahun selama 5 tahun (setelah dikurangi subsidi 2,59 persen dari bunga seharusnya 8,25 persen) dengan masa tenggang 6 bulan untuk pinjaman II," kata Gilbert  seperti dikutip VIVA Bandung pada Jum'at (14/7/2023).

Lebih lanjut, Gilbert mengungkapkan, cicilan Pemprov DKI per tahun dalam 5 tahun secara kasar Rp 543,9 miliar dan Rp 307,5 miliar 3 tahun berikutnya di luar bunga dan operasional Rp 80 miliar per tahun. Karena itu, dia menyarankan JIS harus digunakan dengan baik.

Ono Sebut Ganjar Pranowo Jadi Presiden, Jabatan Kuwu 9 Tahun

Jakarta International Stadium (JIS)

Photo :
  • Istimewa

"JIS harus dimanfaatkan dan utilitasnya dimaksimalkan. Artinya, setelah Anies sudah tidak jadi gubernur, cicilan akan ditanggung oleh dua gubernur lagi (Pj Gubernur dan Gubernur hasil Pilkada 2024)," ucap Gilbert

Halaman Selanjutnya
img_title