Kalian Belum Tahu? Teknik Dasar Bola Basket

game basket
Sumber :
  • Istimewa

CianjurBola basket adalah olahraga tim yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing lima pemain. Beberapa teknik dasar yang perlu dipelajari termasuk men-dribble bola, melempar bola untuk mencetak poin, dan mengoper bola ke rekan satu tim. Pemain harus memahami prinsip-prinsip dasar bola basket untuk memenangi pertandingan.

Kalian Belum Tahu? Game di 2024 Bisa Menghasilkan Cuan

Semua elemen permainan ini termasuk dribbling (mengoper bola sambil berjalan atau berlari), passing (mengoper bola kepada rekan tim), dan shooting (melempar bola ke ring lawan). 

game basket

Photo :
  • Istimewa
Ada 6 Cara Bermain Volli, Ikutilah Cara DI Bawah

Sebelum bermain basket, setiap pemain harus memahami teknik dasar bola basket. Tujuan utama bermain basket adalah menghasilkan sebanyak mungkin poin dengan memasukkan bola ke dalam ring. 

Teknik Dasar Bola Basket yang Perlu Dikuasi

Triks Dasar Bola Basket yang Wajib Kalian Ketahui

1. Dribbling

Teknik yang paling sering pemain basket lakukan dalam olahraga ini adalah dribbling. Metodenya yaitu membawa bola dengan cara memantul-mantulkannya ke lantai dengan satu tangan atau secara bergantian sambil berjalan atau berlari.

Dribbling dapat berguna melindungi bola agar tidak direbut lawan. Kegunaan menggiring bola antara lain mencari peluang dari serangan, menerobos pertahanan lawan, atau memperlambat tempo permainan.

Ada beberapa teknik memantulkan bola basket:

Stationary dribble

Dribel diam (stationary dribble) adalah teknik dalam permainan basket saat seorang pemain mengoper bola sambil berdiri atau tidak bergerak. Ini adalah cara untuk menjaga kontrol atas bola saat berada dalam posisi diam.

Cara melakukannya dengan melakukan dribble sambil posisi badan membungkuk dalam sikap atletis. Usahakan untuk memantulkan bola ke tanah sekeras mungkin dan menjaga bola di antara lutut dan pinggang saat menggiring bola. 

Halaman Selanjutnya
img_title