Terungkap Alasan Pimpinan Ponpes Al Zaytun Sebut Haleluya Sama dengan Tahlil

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVA.co.id

Cianjur – Kontroversial Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang masih tetap berlanjut. Setelah menyanyikan lagu Yahudi dan meraguna Alquran sebagai Kalamullah, kali ini Panji Gumilang mengatakan 'Haleluya' dan 'Tahlilan' adalah sesuatu yang sama. 

Maskawin Rp100 Ribu, Pinkan Mambo Minta Jatah Lebih

Melansir dalam video yang diunggah akun TikTok @herrypatoeng, tampak Panji Gumilang mengaku tidak setuju jika ucapan dan nyanyian Haleluya hanya dimiliki oleh penganut agama Nasrani atau Kristen

Ia menyebutkan bahwa kalimat tersebut dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk umat Islam.

Arya Khan Khan Mahar Rp100 Ribu, Pinkan Mambo: Tambahin Dikit Lah

"Haleluya itu jangan dianggap milik Nasrani. Merupakan milik umat Indonesia yang punya Tuhan," kata Panji Gumilang seperti dikutip VIVA Bandung pada Jum'at (16/6/2023).

Bukan tanpa alasan Panji Gumilang menyampaikan hal itu. Ia menegaskan, karana Haleluya memiliki arti besarkan Tuhan. Adapun negara  Indonesia berpedoman pada asas ketuhanan Yang Maha Esa. Sehingga ucapan dan nyanyian tersebut, kata Panji, sama dengan tahlil yang dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. 

Terbongkar, Ini Alasan Pinkan Mambo Rela Mualaf Demi Dinikahi Penjual Singkong

Ponpes Al Zaytun Indramayu

Photo :
  • VIVA.co.id

Sontak saja sejumlah netizen yang melihat unggahan itu memberikan beragam komentar. Tidak sedikit dari mereka yang meminta kepada pihak setempat untuk tegas menyatakan bahwa ajaran Panji Gumilang itu menyimpang. Ada juga netizen yang malah mempertanya agama pria 76 tahun tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title