Ganjar-Mahfud Unggul di Survei Id-Insight, Prabowo-Gibran dan Anies-Imin Terpaut Jauh

Ganjar dan Mahfud.
Sumber :

Cianjur – Survei Id-Insight menunjukkan bahwa Ganjar-Mahfud mendapatkan dukungan 37,8 persen dari responden dalam pertanyaan tertutup, dan 38,3 persen dalam model surat suara.

Nikita Mirzani Rancang Busana ke Didiet Maulana, Buat Gaun Pengantin?

Pasangan Prabowo-Gibran berada di posisi kedua dengan 34,3 persen dan 34,8 persen, sedangkan pasangan Anies-Imin hanya meraih 21,4 persen dan 22,3 persen. Survei ini melibatkan 1200 orang yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling.

Margin of error survei ini adalah plus minus 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Direktur Eksekutif Indonesia Data Insight, John Muhammad, mengatakan bahwa hasil survei ini mencerminkan peta politik jelang pemilu presiden 2024.

Kalian Harus Tahu! Kenali 5 Jenis Surat Suara pada Pemilu 2024: Jangan Golput

“Dari pertanyaan simulasi elektabilitas menggunakan pertanyaan tertutup, Pasangan Ganjar Mahfud ternyata memimpin dengan peroleh 37,8 persen," kata John dalam konferensi pers yang diadakan di Hotel Amaris, Juanda, Jakarta, Kamis (4/1/2024).

John menambahkan bahwa jika pemilu presiden berlangsung dua putaran, pasangan Ganjar-Mahfud akan lebih diuntungkan karena mampu menarik suara dari pemilih Prabowo-Gibran dan Anies-Imin.

Ini 5 Jenis Surat Suara pada Pemilu 2024, Jangan Salah Coblos

“Dalam simulasi head-to-head kandidat, Ganjar-Mahfud diprediksi menang dengan angka 48,5 persen sementara Prabowo-Gibran di angka 41,4 persen. Demikian pula saat simulasi head to head antara Ganjar Mahfud dengan Anies-Muhaimin. Pasangan Ganjar Mahfud Unggul telah mencapai 59 persen sedangkan Anies Muhaimin 35 persen dalam Pemilu Presiden 2024,” ujar John.

Menurut John, salah satu faktor yang mempengaruhi elektabilitas Ganjar-Mahfud adalah tingkat ketersukaan yang lebih tinggi daripada kandidat lain. Meskipun tingkat keterkenalan ketiga capres sudah sama-sama tinggi, yaitu Prabowo 97,9 persen, Ganjar 97,1 persen, dan Anies 95,8 persen, namun tingkat ketersukaan Prabowo hanya 69,8 persen, Anies 59,3 persen, dan Ganjar 74,4 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title