Cara Mudah Beli dan Gunakan E-Materai untuk Daftar CASN 2023, Anti Ribet

E-MATERAI
Sumber :
  • Istimewa

Cianjur – Pada Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik menjelaskan bahwa dokumen elektronik sama kedudukannya di mata hukum dengan dokumen kertas. 

Segera Aktivasi FB Kalian ke Mode Profesional, Dapatkan Banyak Cuan: Ini Caranya

Oleh karenanya, dibutuhkan penanganan yang sama antara dokumen kertas dengan elektronik sehingga pemerintah meluncurkan meterai elektronik sejak Oktober 2021.

e-Meterai merupakan salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. 

8 Cara Mencoblos yang Benar, Wajib Diketahui Para Pemilih Pemilu 2024

E-MATERAI

Photo :
  • Istimewa

E-Meterai digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik dan terhubung dengan sistem elektronik yang memuat dokumen elektronik.

Cara Mencoblos agar Suara Kalian SAH pada Pemilu 2024, Nomor 9 Jangan Diabaikan

Nah, dari hasil pengamatan Viva Cianjur, E-Meterai menjadi salah satu persyaratan wajib dalam kelengkapan dokumen untuk pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023.

Dalam Proses Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dokumen penting seperti surat pernyataan instansi dan surat lamaran akan menggunakan stempel elektronik atau teknologi Jam Elektronik saat diunggah ke sistem seleksi calon anggota Badan Kepegawaian Negara (SSCASN). Jam elektronik juga akan diterapkan pada tahap pendaftaran aplikasi dan nomor identifikasi karyawan (PIN).

Halaman Selanjutnya
img_title