Panji Gumilang Jadi Tersangka Penistaan Agama, Terancam 10 Tahun Penjara

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • tvOneNews

Cianjur – Kasus penistaan agama yang melibatkan Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, akhirnya memasuki babak baru.

Anak Vincent Rompies Tak Masuk Daftar Tersangka, Korban Bullying Geng Tai Stress

Setelah menjalani pemeriksaan sebagai saksi selama empat setengah jam, Panji Gumilang resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi.

Panji Gumilang diduga telah melakukan penistaan agama melalui berbagai media sosial dan ceramahnya. Ia dijerat dengan tiga pasal yang berbeda, yang masing-masing memiliki ancaman hukuman yang berat. Jika terbukti bersalah, ia bisa menghabiskan waktu selama 10 tahun di balik jeruji besi.

Korban Bullying Geng Tai Mengenaskan, Nama Anak Vincent Rompies Tidak Masuk Daftar Tersangka

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang.

Photo :
  • TVONE News

"Pasal yang dipersangkakan, yaitu Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana di mana ancamannya 10 tahun," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Djuhamdhani Rahardjo Puro di Mabes Polri, Jakarta, dikutip dari tvOne News pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Terbaru, Yudha Arfandi Bajak CCTV Kolam Renang sebelum Tenggelamkan Dante 12 Kali

"Kemudian Pasal 45 a ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan dan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman enam tahun dan pasal 156 a KUHP dengan ancaman lima tahun," lanjutnya.

Penetapan status tersangka Panji Gumilang merupakan hasil dari gelar perkara yang melibatkan penyidik, Propam, Irwasum, Divkum dan Wasidik Polri.

Halaman Selanjutnya
img_title