Polemik JIS: Rumput Tak Sesuai Standar FIFA, Sebut Sinar Matahari Penyebabnya

Rumput JIS
Sumber :
  • Jurnal Media Indonesia

Cianjur – Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Qamal Mutakin sebagai chairman Karya Rama Prima (pengurus rumput SUGBK) pada Selasa, 4 Juli 2023 melakukan inspeksi ke stadion JIS untuk mengecek kualitas rumput yang akan digunakan acara Piala Dunia U-17.

Coach Justin: Timnas Indonesia Punya Harapan ke Piala Dunia, Tapi Realistis Ya!

Setelah melakukan investigasi ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa rumput lapangan JIS tidak sesuai dengan standarisasi milik FIFA.

Salah satu faktor penyebab rusaknya rumput lapangan JIS selain karena sudah lamanya tidak dipakai pertandingan sepakbola, ialah faktor kurangnya sinar matahari.

Kabar Gembira dari FIFA, Timnas Indonesia Naik Peringkat!

Sebagaimana diketahui, dalam panduan FIFA mengenai rumput lapangan, sinar matahari merupakan salah satu unsur kualitas dari rumput lapangan tersebut.

Pedoman ini tercantum dalam artikel FIFA 2.4.1. yang menyebutkan soal lapangan yang menggunakan 100% rumput asli maupun lapangan hibridia yang merupakan perpaduan antara rumput asli dan sintetis.

Erick Thohir Carter Pesawat Demi Timnas Indonesia: Fokus Pada Efisiensi dan Kebugaran Pemain

“Terlepas dari lokasi geografis stadion, desain (dan khususnya atap dan posisi tribune) akan menciptakan iklim mikro di dalam stadion, dan ini perlu dievaluasi secara hati-hati dan diperhitungkan dalam desain lapangan dan pemilihan rumput,” bunyi dalam pedoman tersebut.

“Kedua faktor ini merugikan pertumbuhan rumput alami tetapi dapat dikurangi dengan pemilihan rumput dan faktor desain lainnya, seperti penyertaan panel tembus pandang di atap stadion. Lampu juga dapat mengimbangi kurangnya sinar matahari alami,” sambung pedoman tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title