Panji Gumilang Buka Suara Soal Ajaran Ponpes Al Zaytun Indramayu Disebut Sesat

Panji Gumilang
Sumber :
  • Tangkapan Layar Youtube

Cianjur – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu, Panji Gumilang akhirnya buka suara terkait tuduhan bahwa pesantrennya mengajarkan aliran sesat.

Akhirnya Buka Suara! Azizah Salsha Klarifikasi Isu Perselingkuhan dengan Salim Nauderer

Panji Gumilang mengakatakan bahwa tuduhan negatif tersebut adalah tidak benar. Sebab menurutnya, Al Zaytun menggunakan kurikulum dari Departemen Agama dan Departemen Pendidikan. Bahkan dijelaskan, semua jenjang pendidikan di sana mendapatkan akreditasi A unggul. 

"Kalau kita pikir ajaran di Al Zaytun ada kurikulum, kurikulum jelas, kurikulum departemen agama, kurikulum diknas, kita combine. Dan itu mendapatkan akreditasi A unggul, tingkat dasar, tingkat menengah, tingkat atas akreditasinya A unggul. Kalau itu sebuah ajaran sesat dari dulu sudah out," kata Panji Gumilang dalam program Kick Andy Double Check, dikutip VIVA Cianjur pada Jum'at (30/6/2023).

Panji Gumilang Insaf, Ikhsan Abdullah Apresiasi Bareskrim: Terima Kasih

Sedangkan terkait mencampurkan shaf pria dan wanita saat sholat di Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang mengaku bahwa dirinya menggunakan fiqih sosial karana ingin mengangkat harkat martabat wanita.

"Kemudian kalau hal-hal yang berkenaan dengan pelaksanaan sholat kemudian ada wanita, saya mengedepankan fiqih sosial mengangkat harkat martabat wanita yang selama ini terpinggirkan, baru dimulai dalam politik. Itupun baru 30 persen," ucap Panji Gumilang.

Panji Gumilang Janjikan Ini ke MUI, Ikhsan Abdullah: Dia Taubat...

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang

Photo :
  • VIVA.co.id

"Sedangkan pemahaman yang saya punya berdasarkan Alquran sama. Innal muslimina, wal muslimat, wal mu'minina wal muminat wal qonitin wal qonitat. Tidak pernah dikesampingkan, sejajar, nah kalau soal itu saja lantas sesat menyesatkan bagaimana dunia? Itu hak asasi manusia untuk menjalankan ibadah menurut keyakinannya dasar kami Alquran," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title