Kamu Belum Tahu? Rahasia Baterai Xiaomi Awet: Aturan 20/80 yang Jarang Diketahui

Xiaomi
Sumber :
  • Istimewa

Cianjur –Jika seseorang membeli HP Xiaomi baru, mereka ingin ponsel tersebut bertahan beberapa tahun. Untuk mencapai hal ini, mereka harus menerapkan aturan untuk memperpanjang masa pakai ponsel tersebut. 

Update Tentang Xiaomi Menguji Baterai 7.500mAh dengan Fast Charging 100W di 2024!

Salah satu elemen yang paling terdegradasi pada smartphone mana pun, baik itu Xiaomi, Redmi, atau POCO, adalah baterainya.

Xiaomi

Photo :
  • Istimewa
Uji Coba Xiaomi Baterai 7.500mAh dengan Fast Charging 100W

Seiring waktu, baterai akan kehilangan kapasitas totalnya. Namun untungnya, pengguna bisa mengikuti aturan 20/80 untuk memperpanjang umur ponsel.

Baterai lithium-ion dan polimer tidak memiliki "memori". Secara umum, jika pengguna mengisi daya ponsel di atas 80 persen atau membiarkan kapasitasnya turun di bawah 20 persen, itu akan mempercepat degradasi baterai.

Baru Beli HP Xiaomi? Simak 9 Tips Ini Biar Makin Jago!

Oleh karena itu, menurut berbagai penelitian, jika pengguna sering mengisi daya Xiaomi, Redmi, atau POCO hingga 80 persen dan tidak membiarkannya turun di bawah 20 persen, pengguna akan memperpanjang masa pakainya.

Menariknya, HyperOS memiliki pengaturan yang agak tersembunyi yang memungkinkan pengguna mencegah baterai terus-menerus mengisi daya di atas 80 persen dan pengguna dapat mengaktifkannya secara manual.