Ada 5 Teknik Dasar dan Manfaat Olahraga Bola Basket

game basket
Sumber :
  • Istimewa

Cianjur –Beberapa teknik dasar bermain olahraga bola basket yang perlu dipelajari termasuk men-dribble bola, melempar bola untuk mencetak poin, dan mengoper bola ke rekan satu tim.

Misi Mustahil? Ini Skenario Timnas Indonesia untuk Lolos Piala Dunia 2026 di Babak Kualifikasi

Basket adalah olahraga tim yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing lima pemain. Untuk memenangi pertandingan, pemain harus memahami teknik dasar bola basket.

game basket

Photo :
  • Istimewa
Daftar Game Penghasil Saldo DANA Gratis dan Tercepat Membayar

Dribbling (mengoper bola sambil berjalan atau berlari), passing (mengoper bola kepada rekan tim), dan shooting (melempar bola ke ring lawan) adalah semua aspek permainan ini. 

Tujuan utama bermain basket adalah menghasilkan poin sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke dalam ring. Sebelum melakukan permainan ini, ada baiknya setiap pemain perlu mengetahui teknik-teknik dasar bola basket.

Pakai Cara Ini Agar Kamu Lincah Pakai Hero Fanny 2024, Caranya Sangat Mudah!

Teknik Dasar Bola Basket yang Perlu Dikuasi

1. Dribbling

Teknik yang paling sering pemain basket lakukan dalam olahraga ini adalah dribbling. Metodenya yaitu membawa bola dengan cara memantul-mantulkannya ke lantai dengan satu tangan atau secara bergantian sambil berjalan atau berlari.

Dribbling dapat berguna melindungi bola agar tidak direbut lawan. Kegunaan menggiring bola antara lain mencari peluang dari serangan, menerobos pertahanan lawan, atau memperlambat tempo permainan.

Ada beberapa teknik memantulkan bola basket:

Stationary dribble

Dribel diam (stationary dribble) adalah teknik dalam permainan basket saat seorang pemain mengoper bola sambil berdiri atau tidak bergerak. Ini adalah cara untuk menjaga kontrol atas bola saat berada dalam posisi diam.

Halaman Selanjutnya
img_title