Maya Stolastika Boleng, Petani Milenial yang Berhasil Menginspirasi Jutaan Orang

Maya Stolastika Boleng, Peraih Satu Indonesia Awards 2019
Sumber :
  • Satu Indonesia

Cianjur – Wanita bernama Maya Stolastika Boleng memutuskan untuk menjadi petani meskipun bukan keturunan keluarga petani dan tidak memiliki background pendidikan pertanian di bangku formal.

Ini Beberapa Larangan Selama Bulan Ramadhan di Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman Tegaskan Ini

Maya sapaan akrabnya lahir di Larantuka, Flores Timur. Tapi dia menimba ilmu di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jurusan sastra Inggris.

Meskipun tidak linier dengan dunia pendidikannya, Maya berhasil mengembangkan potensi pertanian menjadi lebih baik. Apalagi Indonesia sebagai negara agraris, kini memang sudah krisis petani.

Pinkan Mambo Nikah dengan Arya Khan, Michelle Ashley Tak Beri Restu

Namun seorang pemuda berasal Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memiliki niat suci untuk berkontribusi langsung di dunia pertanian. Dia memiliki mindset tidak seperti pemuda pada umumnya.

Mindset itu terbangun saat Maya bertemu dengan seorang Guru Yoga di Bali. Sehingga pada tahun 2008, Maya memutuskan untuk menyewa lahan seluas 5000 meter di Desa Claket, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

Putuskan Rujuk, Momen Natal Lady Nayoan dan Rendy Kjaernett: Ada Tuhan di Keluarga Kami

Maya Stolastika Boleng, Peraih Satu Indonesia Awards 2019

Photo :
  • Dokumentasi Pribadi

Bersama empat temannya, Maya mulai bertani di lahan tersebut. Namun, rintangan kerap kali menghadang. Terutama saat panen, Maya kebingungan untuk menjual hasil panennya sekitar 1,5 ton sawi. Akhirnya ia menemuka jalan keluar dengan menjual ke pasar induk Surabaya. 

Halaman Selanjutnya
img_title