Maharani, Pria Asal NTB yang Bahagiakan Petani dengan Budidaya Pohon Gaharu

Maharani, peraih penghargaan Satu Indonesia Award
Sumber :
  • Satu Indonesia

CianjurMaharani, pria berusia 34 tahun asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia mulai menggantungkan harapannya pada pohon gaharu sejak tahun 2009.

Panwascam Kertasari Komitmen Tegakkan Hukum di Masa Kampanye

Diketahui, NTB merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang begitu kering dan tandus. Sehingga Maharani merasa prihatin dan membuatnya bekerja keras untuk mengajak masyarakat beramai-ramai menanam pohon gaharu (Gyrinops Versteegii) di pekarangan rumah.

Pohon Gaharu adalah pohon yang selama ini tumbuh liar di hutan-hutan yang tersebar di sejumlah daerah di Provinsi NTB. Selain bermanfaat sebagai bahan obat-obatan, pohon gaharu juga digunakan sebagai bahan pembuatan parfum atau wewangian.

MUI Junjung Tinggi Nilai Kemanusiaan, Haramkan Masyarakat Beli Produk Israel

Maharani mengaku tidak mudah baginya untuk merubah pola pikir para petani yang sebelumnya hanya fokus menanam buah agar turut menyertakan pohon gaharu dalam aktivitas cocok tanamnya. 

“Mengubah mindset masyarakat, menjadi tantangannya,” kata Maharani saat Bincang Inspiratif beberapa waktu lalu.

Abang Ijo Hapidin, Putra Purwakarta Siapkan Misi Sektor Agraria di Jabar

Maharani, peraih penghargaan Satu Indonesia Award

Photo :
  • Satu Indonesia

Namun melalui budidaya pohon ini, Maharani mampu menyulap lahan kering menjadi hijau menyejukkan. Para petani pun pun bisa tersenyum bahagia dengan pendapatan yang diperoleh dari penanaman kayu gaharu tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title