Rusia Siapkan Rudal Nuklir Sarmat yang Diklaim Lebih Kuat dari Matahari

Presiden Rusia, Vladimir Putin.
Sumber :
  • Pixabay

CianjurRusia telah memasuki era baru dalam pertahanan nuklirnya dengan mengoperasikan rudal balistik antarbenua (ICBM) Sarmat, yang diklaim oleh Presiden Vladimir Putin sebagai senjata yang dapat menghancurkan musuh-musuh Rusia.

Rusia Serang Pelabuhan Gandum Ukraina Sebelum Pertemuan Penting Putin dan Erdogan

Rudal Sarmat, yang memiliki julukan NATO "Setan", mampu membawa hingga 15 hulu ledak nuklir dan menjangkau seluruh dunia, baik melalui Kutub Utara maupun Selatan.

Melansir laporan Al Jazeera (2/9), Yuri Borisov, kepala badan antariksa Rusia Roscosmos, rudal Sarmat siap untuk diluncurkan kapan saja.

Serangan Gagal Ukraina ke Jembatan Krimea, Rusia Tembak Jatuh Tiga Drone Angkatan Laut

Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Photo :
  • Pixabay

Sementara itu, Putin sendiri telah mengumumkan pada bulan Februari bahwa Sarmat akan segera diluncurkan tahun ini, sebagai salah satu dari beberapa senjata canggih di gudang senjata Rusia.

Joe Biden Kirim Pasokan Senjata Baru ke Ukraina, Rusia Ketar-ketir

"Dengan andal (senjata ini) menjamin keamanan Rusia dari ancaman eksternal dan membuat mereka, yang mencoba mengancam negara kita, berpikir dua kali," ujar Vladimir Putin, dikutip dari Al Jazeera (2/9).

Sarmat adalah rudal berbasis silo bawah tanah yang memiliki berat lebih dari 200 ton dan jangkauan sekitar 18.000 km (11.000 mil).

Halaman Selanjutnya
img_title