Pelatihan VAR Masuki Tahap Kedua

VAR (Video Assistant Referee)
Sumber :
  • Brazilian Soccer Schools

Cianjur – Guna meningkatkan pembinaan wasit, PSSI serius memperkenalkan program kerja wasit. Program dimulai dengan pelaksanaan proses pemilihan wasit, kursus dan workshop yang digunakan di Liga 1.

Shin Tae-yong Galau, Jay Idzes Masih Tunggu Izin FIFA untuk Main di Piala Asia 2023

PSSI bersama dengan penyelenggara kompetisi yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) bekerja sama menghadirkan instruktur FIFA Subkhiddin untuk menyelenggarakan program pelatihan Video Assistant Referee (VAR).

Program pelatihan VAR kini telah memasuki tahap kedua, yang akan berlangsung selama tiga hari mulai 18-20 Juli 2023 di Jakarta. Program pelatihan ini dibagi menjadi beberapa sesi per hari, tergantung materi pengenalan sistem VAR yang diterapkan.

Jay Idzes, Bintang Baru Timnas Indonesia yang Terhalang FIFA

Setiap harinya, peserta akan mendapatkan materi dasar dan gambaran sistem VAR dengan gambaran aturan main (LoTG) untuk memandu pengambilan keputusan mereka. Di akhir program pelatihan, seluruh peserta akan mengikuti tes terkait dengan apa yang diajarkan selama tiga hari.

Pada hari pertama pelatihan, peserta harus mempelajari LoTG 2023-2024 dan mendapatkan gambaran serta analisis pendukung lainnya. Sedangkan pada hari kedua dan ketiga, peserta akan menggali aspek-aspek teknis yang relevan dengan pengambilan keputusan, disertai kuis dan tes dengan memutar rekaman video. Program pelatihan diakhiri dengan kesimpulan.

Jay Idzes Belum Bisa Gabung Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Bingung