Anak-Anak Jenderal Ahmad Yani Tuntut Keadilan dari Jokowi: Jangan Minta Maaf ke PKI!

Mahkamah Agung RI.
Sumber :
  • VIVA

Cianjur – Mereka yang berdarah pahlawan revolusi tidak terima dengan sikap Presiden Jokowi yang mengeluarkan Inpres dan Keppres yang mengakui kesalahan dan memberi ganti rugi kepada keluarga mantan anggota PKI.

Kalian Harus Tahu! Kenali 5 Jenis Surat Suara pada Pemilu 2024: Jangan Golput

Mereka merasa dikhianati oleh negara yang seharusnya menghormati jasa ayah mereka yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI.

Tiga orang anak dari Jenderal (purn) TNI, Ahmad Yani, yaitu Untung Mufreni A. Yani, Irawan Suraeddy A Yani dan Amelia A Yani, bersama-sama menggugat Inpres Nomor 2 tahun 2023, Keppres Nomor 17 tahun 2022 dan Keppres Nomor 4 tahun 2023 ke Mahkamah Agung (MA).

Ini 5 Jenis Surat Suara pada Pemilu 2024, Jangan Salah Coblos

Mereka didampingi oleh pengacara Alamsyah Hanafiah, dan sejumlah purnawirawan TNI.

Alamsyah menjelaskan bahwa Inpres dan Keppres yang dikeluarkan oleh Jokowi telah melanggar Tap MPRS Nomor 25 Tahun 1966 yang melarang partai komunis di Indonesia.

Cara Nyoblos di TPS pada Pemilu 2024, Simak Panduannya Disini: Lengkap Dijamin SAH

Dia juga mengatakan bahwa Inpres dan Keppres tersebut telah menimbulkan diskriminasi antara anak-anak pahlawan revolusi dengan anak-anak mantan anggota PKI.

"Kami hari ini mengajukan uji materiil terhadap Instruksi Presiden nomor 2 tahun 2023, Keputusan Presiden nomor 17 tahun 2022, Keputusan Presiden nomor 4 tahun 2023. Di dalam Inpres tersebut intinya negara mengakui kesalahan telah melakukan pelanggaran ham berat atas peristiwa G30S/PKI tahun 1965 dan 1966, negara akan memberikan imbalan ganti rugi," ujar Alamsyah kepada wartawan, Jumat, 14 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title