Angka Kematian Jama'ah Haji Indonesia Capai 502 Orang

Kemenkes Diskusikan Penyelenggaraan Kesehatan Haji dengan KJRI Jeddah
Sumber :
  • Viva.co.id

Cianjur – Tim Asistensi Kesehatan dari Kemenkes didampingi oleh PPIH Kemenkes bertemu dengan Konsul Jenderal Republik Indonesia Eko Hartono di Jeddah pada Minggu, 9 Juli 2023.  

Detik-detik Kematian Dante, Polisi Reka Ulang Kejadian: Yudha Arfandi Kejam

Dalam pertemuan ini Ketua Tim Aryanti Anaya menyampaikan beberapa perkembangan terkait pelaksanaan kesehatan haji. Jumlah jemaah haji wafat per 8 Juli 2023 mencapai 502 orang. 

Dilansir dari Viva.co.id (11/7/2023), Angka ini memang lebih tinggi dari 4 tahun terakhir. Beberapa faktor yang memicu kenaikan jumlah jemaah haji wafat tahun ini karena kondisi jemaah haji Indonesia yang memiliki risiko tinggi sebesar 70 persen. Jumlah jemaah haji Lansia tahun ini mencapai 30 persen, dan ditambah lagi cuaca ekstrem di Arab Saudi. 

Begini Reka Ulang Kematian Dante, Yudha Arfandi Tega Tenggelamkan Berkali-kali

Angka kematian diperkirakan masih akan naik karena sampai saat ini terdapat 205 jemaah haji sakit yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi dalam berbagai kondisi keparahan. Dalam pertemuan ini didiskusikan berbagai perbaikan pada penyelenggaraan haji yang dapat diambil tahun berikutnya.

Konjen Eko juga menyampaikan saat pertemuan dengan Menteri Agama, sebelumnya telah dibahas bahwa ke depannya akan ditata kembali sistem penyelengaraan haji dimana calon jemaah haji harus memenuhi terlebih dahulu syarat kesehatan sebelum pelunasan. 

Tragedi Miras di Surabaya, Dua Personel Band Tewas dan Dua Kritis

Jama

Photo :
  • Viva.co.id

Eko menambahkan bahwa kita perlu tegas dalam penyelenggaraan haji. Jemaah haji yang diberangkatkan harus mampu tidak hanya finansial, namun juga kesehatan dan kemandirian selama pelaksanaan ibadah haji.  

Halaman Selanjutnya
img_title