Berikut Penjelasan Panji Gumilang Ajari Santri Al Zaytun Lagu Hevenu Shalom Aleichem

Panji Gumilang diperiksa Bareskrim polri
Sumber :
  • Tangkapan dari tvOneNews

Cianjur – Ternyata Panji Gumilang pimpinan Al Zaytun punya alasan tersendiri kenapa lagu yang kental dengan salam orang Yahudi, yakni Hevenu Shalom Aleichem diajarkan di sana. 

Pinkan Mambo Dinikahi Tiktokter Arya Khan dengan Mahar 100 Ribu, Netizen Heboh

Panji Gumilang mengatakan alasannya mengajak santri Al Zaytun menyanyi Hevenu Shalom Aleichem karena salam berbahasa Ibrani itu bisa dibuat syair lagu. 

Dia meyakini assalamualaikum tidak boleh dilagukan. 

Panji Gumilang Janjikan Ini ke MUI, Ikhsan Abdullah: Dia Taubat...

“Adapun saya menyanyikan karena itu bisa dilagukan. Kalau assalamualaikum enggak boleh dilagukan. Padahal Hevenu Shalom Aleichem itu sama dengan assalamualaikum. [Bedanya] Kalau assalamualaikum tidak boleh dinyanyikan. Kalau ini [Hevenu Shalom Aleichem] boleh dinyanyikan karena saya punya nada-nadanya dan not-notnya,” kata Panji Gumilang dalam Program Kick Andy dilansir viva.co.id, Senin (3/7/2023). 

Dalam program tersebut, Panji Gumilang juga mencontohkan dengan menyanyikan lagu Hevenu Shalom Aleichem hingga selesai.  “Kan asyik itu,” katanya setelah menyanyikan lagu tersebut. 

Akhirnya Panji Gumilang Minta Maaf, Ikhsan Abdullah: Bagus....

Soal lagu Hevenu Shalom Aleichem yang menjadi kontroversi sejumlah tokoh MUI karena dinyanyikan pada ritual keagamaan orang Yahudi, Panji Gumilang mengatakan tidak semua lagu berbahasa Ibrani harus selalu dikaitkan dengan prosesi keagamaan.

“Coba tengok ke Tel Aviv. Tatkala turun dari pesawat anak-anak laki, perempuan menyanyikan itu. Itu penyambutan. Itu hal yang sama seperti salam kita ini. Sama dengan tatkala kita mengadakan khotbah pakai assalamualaikum,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title