Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang Campurkan Shaf Salat Pria dan Wanita, Ini Alasannya

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVA.co.id

Cianjur –  Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun beberapa waktu lalu viral di media sosial karena telah mencampurkan shaf salat antara pria dengan wanita. Hal itu menjadi sorotan lantaran tidak lazim dan dinilai sesat.

Ikut Kajian Ustaz Hanan Attaki, Celine Evangelista Cari Calon Imam

Menanggapi hal itu, Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang menyampaikan pihaknya melakukan hal itu hanya ingin mengangkat martabat seorang perempuan.

"Saya mengedepankan fikih sosial, mengangkat harkat, martabat wanita yang selama ini terpinggirkan. Baru dimulai dalam politik, itupun hanya 30%," kata Panji dalam program Kick Andy yang dikutip pada Kamis (29/6/2023).

Pernikahan Pinkan Mambo dan Arya Khan Ternyata Nikah Siri

Panji Gumilang mengakui hal itu berdasarkan pemahaman dirimya dalam Alquran. Ia menegaskan bahwa laki-laki dan perempuan harus sejajar dan memiliki hak yang sama.

"Pemahaman saya dari Alquran, harus sejajar. Kalau soal itu saja dibilang menyesatkan, gimana dunia? Itu hak asasi manusia untuk menjalankan ibadah menurut keyakinannya," jelasnya.

Pinkan Mambo Minta Nikah di KUA: Kalau Enggak Aku Bakar Lapak Singkongnya

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang.

Photo :
  • AntvKlik

Selain itu, Panji Gumilang mengaku tidak masalah ketika pihak lain menyebut pemahaman yang dianutnya menyimpang. Namun baginya, hal itu tidak bisa disamakan antara pemahaman satu orang dengan yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title