Inilah iPhone Bakal Gunakan Sensor Kamera Samsung, Geser Dominasi Sony

iphone
Sumber :
  • Istimewa

CianjurSony telah lama menawarkan sensor kamera CMOS (CIS) eksklusif kepada Apple untuk produk iPhone

iPhone Lipat Akhirnya Datang! Rilis Lebih Cepat dari Perkiraan, Siap Pesan?

Namun sepertinya dalam waktu dekat, eklusifitas Sony sebagai pemasok sensor kamera iPhone ini akan tergeser.

iphone

Photo :
  • Istimewa
Update Itel A80 Rilis di Indonesia, Harga Promo Rp1.119.000

Samsung dikabarkan akan mendapatkan bagian sebagai pemasok sensor kamera iPhone dengan sensor gambar ISOCELL miliknya, seperti yang diungkapkan oleh analis Apple dari TF International, Ming-Chi Kuo, Samsung saat ini memiliki pangsa pasar 29% di industri smartphone untuk sensor gambar. Angka ini juga masih lebih kecil, dibandingkan dengan Sony yang memimpin dengan pangsa pasar 54%.

iPhone Bakal Pakai Sensor Kamera 48MP Samsung

4 iPhone Gaming Murah Meriah di Bawah Rp10 Juta: Performa Kencang, Harga Bersahabat!

Kuo menyebut kalau Samsung akan mulai memasok sensor gambar CMOS 48MP ultra-wide berukuran 1/2.6 inci untuk model iPhone 18 Pro pada tahun 2026. Samsung telah membentuk tim khusus untuk bekerja sama dengan Apple dalam memasok sensor gambar CMOS untuk model iPhone masa depan.

Selain Sony, pemasok utama lainnya untuk produk iPhone yang juga mungkin akan kehilangan bisnis dengan Apple adalah Qualcomm. Modem 5G Qualcommkabarnya bakal digantikan oleh modem 5G buatan Apple sendiri di beberapa model iPhone mulai tahun 2025. Modem 5G buatan Apple akan digunakan pada dua model iPhone pada tahun 2025, yaitu iPhone SE 4 dan iPhone 17 Slim yang menggantikan iPhone Plus. Apple pernah mendorong Intel untuk membuat chip modem 5G, namun Intel gagal memenuhi tenggat waktu yang ditentukan Apple.

Halaman Selanjutnya
img_title