Inilah Pengguna iPhone 16 Pro Keluhkan Masalah Touchscreen, Ini Penyebabnya!

iphone 16 pro
Sumber :
  • Istimewa

Cianjur –Menurut beberapa pengguna yang telah menerima iPhone 16 Pro Series terbaru, touchscreen perangkat mengalami masalah. 

Ini Dia Apple Perkenalkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

Lebih spesifik, terkadang layar gagal mendeteksi input sentuhan dari pengguna yang mana tentunya permasalahan ini akan sangat mempengaruhi fungsionalitas.

iphone 16 pro

Photo :
  • Istimewa
Oppo Reno 8 5G Kini Makin Terjangkau: Cuma Rp 3,4 Juta di Oktober 2024!

Namun, tidak perlu terlalu khawatir lantaran masalah tersebut kemungkinan besar bukan cacat hardware dan bisa diperbaiki lewat update software. Analisis sementara masalah touchscreen itu diyakini disebabkan karena bezel layar yang sekarang jauh lebih tipis pada iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Bezel layar yang tipis memperbesar kemungkinan telapak tangan sedikit menempel pada tepi layar. Pada iPhone, hal tersebut bakal memicu algoritma palm rejection sehingga mengabaikan input sentuhan lain di area layar. Ketika palm rejection aktif, hanya input stylus Apple Pencil yang diterima untuk memungkinkan pengguna menggambar atau menulis tanpa khawatir telapak tangan menyentuh layar.

Kabar Gembira! Harga iPhone 15 Turun di Oktober 2024, Diskon Hingga 15%

Dengan demikian, diharapkan Apple dapat memperbaiki masalah tersebut lewat update software mendatang untuk mengurangi sensitivitas palm rejection pada iPhone 16 Pro Series. Hingga update tersebut hadir, solusi sementara adalah lebih berhati-hati ketika memegang perangkat atau menggunakan case agar tepi layar tidak mudah tersentuh.

Sementara di wilayah lain jajaran iPhone 16 sudah tersedia, smartphone terbaru Apple tersebut masih belum resmi masuk ke pasar Indonesia. Kendati demikian, sejumlah distributor resmi Apple seperti iBox, Digimap, hingga Erafone sudah mengonfirmasi kehadiran iPhone 16 dalam waktu dekat.