Inilah Bug iOS, Ngetik Empat Karakter Ini Bisa Bikin iPhone Crash

iphone
Sumber :
  • Istimewa

Cianjur –Sebuah bug iOS baru ditemukan yang dapat menyebabkan iPhone hang. 

7 Fitur Rahasia iPhone yang Wajib Kamu Coba!

Bug tersebut dapat dipicu hanya dengan mengetikkan empat karakter yakni “di kolom pencarian Spotlight Search atau App Library yang kemudian bakal mengakibatkan Springboard alias tampilan Home Screen dari iPhone berhenti dan reloads.

iphone

Photo :
  • Istimewa
Hasil Foto Makin Keren! Bikin Kamera Android Jernih Seperti iPhone

Seorang peneliti aplikasi menjelaskan kepada TechCrunch bahwa bug tersebut bukanlah masalah keamanan. Di samping itu, tidak ada bukti bahwa bug dapat dipicu selain harus pengguna perangkat iOS secara manual mengetikkan empat karakter tadi. Sejauh ini diketahui bahwa bug tersebut terjadi di iOS 17 dan iOS 18/18.1.

Menurut beberapa pengguna yang bereksperimen dengan bug tersebut, crash juga dapat dipicu hanya dengan mengetikkan “”: dan diikuti oleh satu karakter lain. Springboard alias Home Screen iPhone bakal crash dan membawa pengguna ke lockscreen. Pada beberapa kasus juga membuat layar menjadi hitam untuk beberapa detik.

Tips dan Trik Membuat Foto Android Sejernih iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Namun, bug tersebut tampaknya tidak menyebabkan kerusakan apa pun pada sistem iOS, setidaknya sejauh ini, dengan Springboards bakal reload dan iPhone masih dapat dipakai kembali dengan normal. Apple sendiri masih belum memberikan komentar terkait laporan bug ini.

Ini bukan pertama kalinya bug string teks terjadi di iPhone. Salah satu yang cukup heboh pada masanya adalah bug yang disebut “Effective Power” pada 2015 silam. Bug tersebut menyebabkan aplikasi Message crash teks tertentu diterima. Parahnya, ini dapat dipicu oleh orang lain yang mengirimkan pesan teks tersebut berulang kali dan bahkan membuat iPhone jadi reboot.