Dukungan Tiada Henti, Guru Besar UIN Inginkan Panji Gumilang Jadi Presiden Atau Menteri Pertanian

Makrum Kholil
Sumber :
  • Viva

CianjurMakrum Kholil selaku Guru Besar Universitas Islam Nasional (UIN) KH Abdurrahman Wahid, Pekalongan menyatakan dukungannya terhadap Panji Gumilang selaku pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun di Indramayu.

Makrum menyatakan dukungannya saat diundang menjadi pembicara pada acara Tahun Baru Islam 1 Sura 1445 yang digelar di Masjid Rahmatan Lil Alamin pada Rabu, 19 Juli 2023.

Makrum membuka sambutannya dengan mengatakan bahwa Panji Gumilang adalah sosok yang luar biasa. Bahkan, dia menyebut Panji layak menjadi presiden.

“Yang saya hormati, AS Panji Gumilang yang luar biasa. Menurut saya layak jadi presiden, minimal menteri, syukur menteri pertanian,” ujar Makrum.

Pada kesempatan itu, Makrum mengutip sebuah bagian ayat suci dari Alquran yang mengatakan orang tersesat sesuai dengan ketetapan Allah. Berdasarkan ayat tersebut, beliau menegaskan bahwa tuduhan orang-orang sesat adalah tuduhan yang tidak berdasar.

“Kalau tuduhan sesat hanya berdasarkan kepada pikiran (manusia), Nabi Nuh, Nabi Ibrahim juga dituduh sesat, Nabi Musa juga dituduh ahli sihir, Rasulullah SAW juga dituduh gila, ahli sihir bahkan dituduh sesat,” tegas Makrum.

“Itulah kalau tuduhan-tuduhan hanya berdasar pada pikiran manusia,” lanjut Makrum.