Malaysia Bakal Atur Penggunaan Kata ‘Allah’ Bagi Non-Muslim di Negaranya

Pemerintah Malaysia
Sumber :

CianjurPerdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan pada Selasa, 23 Mei 2023, bahwa pemerintah akan memperketat aturan penggunaan kata "Allah" di kalangan non-Muslim.

Sembuh dari Penyakit Kulit, Kartika Putri Singgung Dr Richard Lee

Pasalnya, keputusan tersebut sejalan dengan keputusan mantan penguasa Melayu bahwa non-Muslim tidak diperbolehkan menggunakan kata "Allah" di semenanjung, sedangkan penggunaan "Allah" untuk non-Muslim diperbolehkan dengan syarat di negara bagian tersebut. 

Kalimantan adalah "Semenanjung" mengacu pada Malaysia Barat, yang terdiri dari 11 negara bagian dan dua wilayah federal yang terdiri dari Johor, Kedah, Kelantan, Malaka, Negeri Sembilan, Pahang dan Perlis. Penang, Selangor, Terengganu, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur dan Putrajaya. 

Kulit Wajah Kartika Putri Melepuh, Richard Lee Duga Idap 3 Penyakit Ini

Sementara di wilayah Malaysia Timur, kata ‘ Allah’ boleh digunakan dengan izin bersyarat untuk non Muslim. Malaysia Timur merujuk negara bagian di Pulau Kalimantan, Sabah dan Sarawak.

Pemerintah Malaysia

Photo :
  • -
Rumah Madani Jaringan Indonesia: Deklarasi Komunitas Intelektual Muda Muslim

"Yang perlu dilakukan, pemerintah melakukan penyederhanaan (aturan) agar tidak ada peraturan yang dianggap bertentangan dengan keputusan penguasa Melayu,” kata Anwar di parlemen saat acara MQT, mengutip Channel News Asia, Rabu, 24 Mei 2023. Dia menambahkan bahwa pemerintah “sepenuhnya (mematuhi) keputusan” penguasa Melayu

Ke depannya, Anwar juga mengatakan kepada parlemen bahwa proses perampingan, yang disampaikan kepada dan disetujui oleh raja, melibatkan perubahan atau penghapusan bagian dari peraturan lama. 

Halaman Selanjutnya
img_title