Ternyata Ini Alasan Panji Gumilang Ajarkan Santri Al Zaytun Nyanyi Lagu Yahudi

Panji Gumilang
Sumber :
  • Tangkapan Layar Youtube

Cianjur – Nama Panji Gumilang tetap menjadi sorotan sejak munculnya sejumlah kontroversi di Ponpes Al Zaytun Indramanyu. Salah satunya, ia sempat mengajarkan para santri untuk menyanyikan lagu Yahudi berjudul 'Hevenu Shalom Aleichem'.

Sule Tak Mau Rizky Febian Nikah Muda, Gagal dengan Mahalini?

Pimpinan Ponpes Al Zaytun itu memiliki alasan tersendiri kenapa mengajarkan santrinya bernyanyi lagu 'Havenu Shalom Aleichem'. Ia mengaku karena salam berbahasa Ibrani itu bisa digunakan sebagai syair lagu. Sementara itu, Assalamualaikum yang merupakan salam orang Islam tak boleh dilagukan. 

“Adapun saya menyanyikan karena itu bisa dilagukan. Kalau Assalamualaikum kan gak boleh dilagukan, padahal Hevenu Shalom Aleichem itu sama dengan Assalamualaikum, (bedanya) kalau Assalamualaikum tidak boleh dinyanyikan, kalau ini boleh dinyanyikan karena saya punya nada-nadanya dan not-notnya,” kata Panji Gumilang dalam program Kick Andy, dikutip VIVA Cianjur pada Jum'at (7/7/2023).

Heboh! Sule Larang Nikah Muda Rizky Febian, Ini Alasannya

Dalam kesempatan itu, Panji Gumilang juga mencontohkan dengan bernyanyi sampai selesai. Mengenai kontroversi ini, sejumlah tokoh di Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai bahwa lagu itu adalah lagu yang khusus dibawakan dalam ritual-ritual keagamaan orang Yahudi. 

Mengetahui tuduhan dari MUI tersebut, Panji Gumilang langsung membela diri. Ia mengatakan bahwa tak semua lagu berbahasa Ibrani harus selalu dihubungkan dengan prosesi keagamaan. Dia kemudian memberikan contoh untuk menguatkan argumen tersebut. 

Ini Alasan Hercules Taubat, Raja Jalanan Jakarta yang Buat Para Jawara Ketakutan

Ponpes Al Zaytun Indramayu

Photo :
  • VIVA.co.id

“Coba tengok ke Tel Aviv, tatkala turun dari pesawat, anak-anak muda laki, perempuan menyanyikan itu, itu penyambutan, itu hal yang sama seperti salam kita ini, sama dengan taktkala kita mengadakan khutbah pakai Assalamualaikum,” jelas Panji. 

Halaman Selanjutnya
img_title