Inilah Sang Raja Smartphone di Dunia Telah Muncul di 2024, Apple-Xioami-Oppo Mengalah Dulu

Smartphone
Sumber :
  • Istimewa

CianjurPengiriman smartphone di seluruh dunia meningkat 5% tahun ke tahun (tahun ke tahun/YoY) pada kuartal ketiga (Q3) tahun 2024

Update Sony Akan Membuat Model yang Berbeda dari Xperia 5 di 2024!

Pertumbuhan kuartal ketiga tertinggi sejak 2021, dengan 309,9 juta unit.

Smartphone

Photo :
  • Istimewa
Wow! Ternyata Sony Tidak Mau Sama dengan Model Xperia 5 di 2024

Menurut laporan pengiriman (shipment) global Canalys, pertumbuhan itu didorong oleh peluncuran produk yang sesuai kebutuhan pengguna, secara agresif dari berbagai vendor, sehingga mendorong tingkat upgrade perangkat.

Dalam laporan yang sama, Canalys merangkum lima besar vendor smartphone Q3 2024 dalam hal pengiriman. Samsung memimpin pasar dengan 57,5 juta unit yang dikirim.

Smarthone Poco F6: Cocok Bagi Para Gamer di 2024, Performa Kencang Sangat Wort it

Disusul Apple pada peringkat kedua dengan total pengiriman 54,5 juta unit. Di posisi selanjutnya diisi oleh Xiaomi, Oppo dan Vivo. Berikut daftar lengkapnya berikut rincian total pengiriman masing-masing:

1. Samsung - 57,5 juta unit

2. Apple - 54,5 juta unit

3. Xiaomi - 42,8 juta unit

4. Oppo - 28,6 juta unit

5. Vivo - 27,2 juta unit

Perusahaan riset pasar itu menyebutkan bahwa performa Samsung pada periode Q3 2024 didukung oleh pengiriman smartphone entry-level. Namun Canalys tak memerinci model yang dimaksud.

Sementara Apple dapat mencapai rekor pengiriman Q3 karena didorong oleh perpaduan strategis antara pengoptimalan saluran dan rantai pasokan.

"Pasca pengumuman Apple Intelligence di WWDC, konsumen beralih dari model iPhone 12 dan 13 untuk menggunakan teknologi baru. Selain itu, produksi iPhone Apple yang beragam, terutama di India, telah mengurangi waktu tunggu secara signifikan, menyederhanakan pemenuhan prapemesanan, dan merangsang permintaan lokal melalui harga yang kompetitif.

Sementara itu, persaingan ketat di pasar smartphone kelas bawah terus berlanjut, meskipun pada paruh pertama 2024 didukung oleh permintaan konsumen yang kuat dan kondisi ekonomi yang menguntungkan.

"Peluncuran seri A3 yang berganti merek yang sukses oleh OPPO di segmen harga US$100 hingga US$200, khususnya di Asia Tenggara, adalah contoh utama dari strategi ini. Dengan merampingkan portofolionya, Oppo telah melihat pertumbuhan 30% YoY di wilayah tersebut dan siap untuk lebih meningkatkan pangsa pasarnya," ujar Analis Senior Canalys Toby Zhu.

"Namun, meningkatnya biaya komponen dan saturasi saluran menimbulkan tantangan bagi profitabilitas jangka panjang dan keberlanjutan strategi pasar massal. " pungkasnya.