Cara Ampuh Bisa Menang Bermain Congklak, Dijamin Seru!

Game congklak
Sumber :
  • Istimewa

Cianjur –Tidak peduli usia, permainan congklak ini hanya dapat dimainkan oleh dua orang. Aturan mainnya sederhana, tidak rumit, dan tidak membutuhkan strategi yang rumit. Hanya perlu memprediksi lubang mana paling banyak biji akan diambil.

3 Aplikasi Terpercaya untuk Membeli E-meterai CPNS 2024

Untuk memulai, buat papan congklak dengan 16 lubang. Pemain pertama harus memiliki satu lubang di sisi kanan dan pemain lawan harus memiliki satu lubang lagi di sisi kanan.

Game congklak

Photo :
  • Istimewa
Ada 5 HP RAM 16GB Termurah di Indonesia, Ada Incaranmu?

 Sisanya 14 lubang adalah jalan permainan. Masukkan biji ke empat belas lobang dengan jumlah yang sama. 

Anak-anak biasanya bermain dengan tujuh biji dalam satu lobang. seperti yang dilakukan oleh dua anak yang berasal dari Desa Karangmelok, Kecamatan Tamanan, Wafil dan Latifah.

Berikut 5 Keunggulan Smartphone Dibandingkan Tablet, Tak Cuma Lebih Portabel!

Mereka bermain dengan sepuluh biji, dan setiap empat belas lubang diisi dengan jumlah yang sama. Sisakan dua lobang kosong karena mereka dimiliki oleh kedua pemain. Sambil menyusun biji congklak, Latifah berkata, "Bisa lima, tujuh, atau sepuluh, sesuai dengan kesepakatan."

Awal permainan, ambil semua biji yang ada di lubang pertama, lalu lepaskan satu persatu di setiap lubang secara berurutan, sampai ke lubang milik kita. Tanpa mengisi lubang milik lawan. Setelah itu, ambil lagi biji di lubang berikutnya. Jangan sampai kena lubang yang kosong, nantinya kita akan mati, dan permainan diganti oleh lawan. "Kalau kena yang kosong, pemain akan diganti lawan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title