Pengakuan Alumni Ponpes Al Zaytun Soal Adzan Nyeleneh: Muncul Ketika Saya Mau Lulus

Alumni Ponpes Al Zaytun Indramayu, Reza saat diwawancara tim tvOne
Sumber :
  • Tangkapan Layar Youtube

CianjurReza, salah satu alumni Ponpes Al Zaytun mengklarifikasi terkait polemik almamaternya yang hingga saat ini menjadi sorotan karena sejumlah kontroversinya.

Dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Reza membantah isu kesesatan ajaran Al Zaytun. Berdasarkan pengalamannya, ia mengaku tidak pernah menemukan ajaran seperti yang dinarasikan di media saat ini.

"Di masa saya itu memang sama sekali tidak diajarkan hal-hal seperti itu ataupun hal-hal yang belakangan ini muncul ke permukaan. Itu tidak ada sama sekali justru narasi Al Zaytun terafiliasi dengan NII muncul ketika kita itu sudah lulus," kata Reza, dikutip dari tvOneNews pada Selasa (27/6/2023).

Reza mengatakan selama menempuh pendidikan di Al Zaytun, pelajaran yang ia dapat murni kurikulum yang ditentukan oleh Departemen Agama.

"Jadi murni ketika kita di dalam itu kita ikut kurikulumnya Depag karena memang MTS dan juga MA jadi enggak ada pelajaran ditambahkan kecuali hanya beberapa kitab kuning saja," ungkapnya.

Alumni Ponpes Al Zaytun Indramayu, Reza saat diwawancara tim tvOne

Photo :
  • Tangkapan Layar Youtube

Reza juga mengaku setiap kegiatan bahkan ibadah yang dilakukan di Al Zaytun sama halnya dengan ibadah umat muslim pada umumnya, mengingat dirinya terlibat didalam organisasi pelajar Al Zaytun di bidang peribadatan.