Santri Al Zaytun Nyanyi Lagu Yahudi, Monique Rijkers: Lebih Baik Dinyanyikan Seluruh Pesantren

Aktivis Pro Israel dan Yahudi Monique Rijkers
Sumber :
  • Tangkapan Layar Youtube

Cianjur – Santri Ponpes Al Zaytun belum lama ini viral sedang menyanyikan lagu Yahudi yang berjudul 'Havenu Shalom Alaechim'. Hal itu viral di media sosial seperti di Youtube dan Tiktok. Selain itu, Pimpinan Al Zaytun juga pernah mengajarkan kepada santrinya terkait salam yang biasa diucapkan oleh umat Nasrani.

Mengomentari hal itu, Monique Rijkers selaku aktivis Pro Israel dan Yahudi mengaku sangat mendukung Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang. Hal itu disampaikan dalam program Catatan Demokrasi di tvOne pada Selasa (27/6/2023) malam.

Menurutnya, dengan mengajarkan nyanyian lagu-lagu Yahudi itu, Panji Gumilang telah mengajarkan anak didiknya untuk memiliki sikap toleransi.

Lebih lanjut, Monique mengungkapkan, hal itu adalah langkah yang baik untuk menanamkan nilai toleransi kepada anak-anak. Apalagi, Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi keberagaman.

"Itu benih baik ya saya bilang bagi kita di Indonesia yang pluralitas begini, yang besar, dan kita ini adalah negara muslim terbesar di dunia. Nah tentu saja pemikirannya harus bisa sesuai ya dengan nilai-nilai Pancasila. Pemikirannya harus sesuai juga dengan konteks geopolitik," kata Monique dikutip dari tvOneNews, Rabu (28/6/2023).

Santri Ponpes Al Zaytun menyanyikan lagu Yahudi

Photo :
  • Tiktok @tokoh.id

Monique menegaskan bahwa apa yang dilakukan Panji Gumilang harus dicontoh oleh Pondok Pesantren lain. Dia menyarankan agar Pondok Pesantren lainnya di Indonesia juga memutar lagu dari agama Yahudi dan juga dari negara-negara lain non-arab.