Smartphone Pixel 9 Series Akan Punya Deretan Fitur Baru “Google AI”

pixel 9 series
Sumber :
  • Istimewa

Cianjur –Pada 13 Agustus 2024, Google akan meluncurkan smartphone Pixel 9 Series terbarunya.

Bersamaan dengan peluncuran tersebut, raksasa internet asal Amerika Serikat itu juga akan memperkenalkan “Google AI” sebagai nama suite fitur-fitur AI pada smartphone mereka dengan beberapa fitur baru.

pixel 9 series

Photo :
  • Istimewa

Ya, tampaknya Google ingin melakukan pendekatan serupa dengan apa yang dilakukan oleh Samsung. Sementara Samsung punya Galaxy AI, Google juga akan punya “Google AI” dengan salah satu fitur baru yang cukup menarik adalah “Pixel Screenshots” yang mirip seperti fitur kontroversial “Recall” dari Microsoft.

Namun, Google tampaknya belajar dari Microsoft. Alih-alih mengambil screenshot terus menerus pada latar belakang, Pixel Screenshot hanya mengambil screenshot saat pengguna mengambilnya sendiri. Setelah itu, aplikasi akan menambahkan metadata lebih detail seperti nama aplikasi, link web, dan lainnya.

Screenshot itu kemudian bakal diproses secara lokal menggunakan AI, diprediksi memanfaatkan Gemini Nano, sehingga memungkinkan pengguna mencari konten spesifik hanya melalui tangkapan layar tadi. Tidak hanya itu, pengguna juga akan bisa bertanya melalui chatbot terkait apa yang telah disimpan di Pixel Screenshot.

Sementara Gemini dan Circle to Search mungkin sudah tidak asing, Google juga akan menambahkan fitur bernama “Add Me” yang menurut deskripsinya kemungkinan adalah fitur untuk memasukkan foto orang lain secara terpisah dalam sebuah foto grup dengan menggunakan AI.