HarmonyOS Next Meluncur, Siap Tantang Dominasi Android dan iOS

Huawei HarmonyOS Next
Sumber :
  • Istimewa

CianjurHuawei akhirnya membuat pengumuman resmi tentang sistem operasi HarmonyOS Next yang sangat dinantikan. Sistem operasi ini menandai langkah besar Huawei menuju kemandirian dalam industri perangkat lunak, dan diharapkan akan menjadi pesaing utama Android milik Google dan iOS milik Apple. 

Dari versi awal HarmonyOS yang dirilis pada 2019, HarmonyOS Next adalah kemajuan besar. 

Meskipun HarmonyOS sebelumnya didasarkan pada Android, sekarang masuk ke generasi kelima yang berubah karena dibangun secara independen. 

Menurut Direktur Eksekutif Huawei Richard Yu Chengdong, HarmonyOS Next memiliki kerangka kerja AI, kernel operasi, bahasa pemrograman, dan fitur lainnya yang dibuat sendiri tanpa menggunakan kernel Linux atau kode sumber terbuka Android. 

"HarmonyOS Next menyediakan opsi baru dan ruang pasar untuk pengembangan industri terkait di seluruh dunia," katanya sembari memuji sistem operasi ini terbuka, aman, dan efisien.

Selama setahun terakhir, Huawei bekerja dengan lebih dari 10.000 mitra domestik untuk mengembangkan aplikasi HarmonyOS Next, membantu membangun rantai industri TI yang inovatif, kata Yu. Saat ini lebih dari 15.000 aplikasi dan layanan meta tersedia untuk digunakan di HarmonyOS.

Huawei HarmonyOS Next

Photo :
  • Istimewa